Pengertian Laporan Ilmiah menurut Mukayat
Bruto : “Laporan ilmiah ialah pemecahan suatu problem atau jawaban suatu
pertanyaan, yang didukung oleh fakta yang diperoleh dan/atau yang dibuktikan
benarnya oleh penulisnya. Laporan itu adalah bentuk prosa ilmiah yang
dikembangkan untuk keperluan sains, kria, dan usaha, dan biasanya ditulis atas
permintaan, perintah atau jasa komisi, walaupun kadang-kadang laporan itu
diterbitkan atas kehendak dan biaya penulisnya sendiri.”
Fungsi
Laporan Ilmiah :
1) Memberitahukan atau menjelaskan
tanggung jawab tugas dan kegiatan.
2) Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan
kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah.
3) Sumber informasi dan bahan untuk
pendokumentasian.
Macam-macam
Laporan Ilmiah menurut Mukayat :
1. Laporan
Periodis
Laporan yang diserahkan setiap periode reguler dan dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang status organisasi atau aktivitasnya. Laporan bulanan, triwulan, atau catur wulan atau tahunan oleh Kepala Bagian, Kepala Sekolah atau Pimpinan Pesero kepada pemegang pesero adalah contoh-contoh laporan periodis.
2. Laporan Kemajuan
Laporan yang diserahkan guna menyediakan informasi tentang kemajuan suatu rencana usaha, seperti pembangunan bendungan dan proyek penelitian.
3. Laporan Hasil Uji
Laporan yang diserahkan guna menyediakan laporan tangan pertama tentang pengetahuan suatu benda (biasanya berupa kesimpulan), seperti kondisi suatu bangunan, pabrik, atau sumber alam.
4. Laporan Rekomendasi
Laporan yang diserahkan guna menyediakan keterangan dasar atau pujian terhadap sesuatu guna pertimbangan dalam tindakan berikutnya. Misalnya, laporan tentang letak daerah atau lokasi pabrik atau gedung bioskop, dan nasihat cara menaikkan efisiensinya.
5. Laporan Penelitian
Laporan yang diserahkan untuk memberi tahu tentang penemuan yang tidak diketahui sebelumnya dan diperoleh dari percobaan, penyelidikan, kuesioner, data akumulasi, dan sebagainya. Berbagai laboratorium lembaga penelitian, universitas, stasiun pertanian, stasiun meteorologi, kantor pemerintah, dan organisasi penelitian swasta secara tetap menerbitkan laporan-laporan itu.
Laporan yang diserahkan setiap periode reguler dan dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang status organisasi atau aktivitasnya. Laporan bulanan, triwulan, atau catur wulan atau tahunan oleh Kepala Bagian, Kepala Sekolah atau Pimpinan Pesero kepada pemegang pesero adalah contoh-contoh laporan periodis.
2. Laporan Kemajuan
Laporan yang diserahkan guna menyediakan informasi tentang kemajuan suatu rencana usaha, seperti pembangunan bendungan dan proyek penelitian.
3. Laporan Hasil Uji
Laporan yang diserahkan guna menyediakan laporan tangan pertama tentang pengetahuan suatu benda (biasanya berupa kesimpulan), seperti kondisi suatu bangunan, pabrik, atau sumber alam.
4. Laporan Rekomendasi
Laporan yang diserahkan guna menyediakan keterangan dasar atau pujian terhadap sesuatu guna pertimbangan dalam tindakan berikutnya. Misalnya, laporan tentang letak daerah atau lokasi pabrik atau gedung bioskop, dan nasihat cara menaikkan efisiensinya.
5. Laporan Penelitian
Laporan yang diserahkan untuk memberi tahu tentang penemuan yang tidak diketahui sebelumnya dan diperoleh dari percobaan, penyelidikan, kuesioner, data akumulasi, dan sebagainya. Berbagai laboratorium lembaga penelitian, universitas, stasiun pertanian, stasiun meteorologi, kantor pemerintah, dan organisasi penelitian swasta secara tetap menerbitkan laporan-laporan itu.
Dengan
melihat penggolongan laporan ilmiah tersebut, suatu prinsip yang dapat
ditemui dalam setiap laporan ilmiah adalah kaidah-kaidah ilmiahnya, yang
mungkin berbeda-beda menurut setiap bidang ilmu. Walaupun sangat beragam
dan variatif, macam laporan ilmiah dapat dikategorikan menjadi hal-hal berikut.
1. Laporan kemajuan, yaitu laporan yang disampaikan untuk melihat perkembangan kemajuan atau langkah yang telah ditempuh, untuk melihat kemungkinan munculnya kesulitan dan bagaimana rencana antisipasinya.
2. Laporan akhir, laporan ini dapat didahului laporan kemajuan untuk melihat pencapaian yang diperoleh antara yang dicerminkan dalam usulan penelitian, laporan kemajuan, dan laporan akhir.
3. Laporan berkala, disusun untuk melihat suatu kinerja yang melibatkan karakter keilmiahan, dalam suatu periode waktu tertentu sehingga dapat diperoleh suatu gambaran dinamika dari periode yang satu dengan periode lainnya.
4. Laporan hasil uji, laporan ini perlu juga menyertakan rekomendasi, setelah disampaikan informasi ilmiah tentang sesuatu, karena dimungkinkan akan menjadi dasar suatu kebijakan tertentu.
1. Laporan kemajuan, yaitu laporan yang disampaikan untuk melihat perkembangan kemajuan atau langkah yang telah ditempuh, untuk melihat kemungkinan munculnya kesulitan dan bagaimana rencana antisipasinya.
2. Laporan akhir, laporan ini dapat didahului laporan kemajuan untuk melihat pencapaian yang diperoleh antara yang dicerminkan dalam usulan penelitian, laporan kemajuan, dan laporan akhir.
3. Laporan berkala, disusun untuk melihat suatu kinerja yang melibatkan karakter keilmiahan, dalam suatu periode waktu tertentu sehingga dapat diperoleh suatu gambaran dinamika dari periode yang satu dengan periode lainnya.
4. Laporan hasil uji, laporan ini perlu juga menyertakan rekomendasi, setelah disampaikan informasi ilmiah tentang sesuatu, karena dimungkinkan akan menjadi dasar suatu kebijakan tertentu.
Sistematika Laporan Ilmiah :
Bagian awal, terdiri atas :
- Halaman judul: judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, dan tahun
- Halaman pengesahan (jika perlu)
- Halaman motto/semboyan (jika perlu)
- Halaman persembahan (jika perlu)
- Prakata;
- Daftar isi;
- Daftar tabel (jika ada)
- Daftar grafik (jika ada)
- Daftar gambar (jika ada)
- Abstak : uraian singkat tentang isi laporan
Bagian Isi, terdiri atas:
- Bab I Pendahuluan berisi tentang: Latar belakang, Identitas masalah, Pembatasan masalah, Rumusan masalah, Tujuan dan manfaat
- Bab II : Kajian Pustaka
- Bab III : Metode
- Bab IV : Pembahasan
- Bab V : Penutup
Bagian Akhir, terdiri atas
- Daftar Pustaka
- Daftar Lampiran
- Indeks : Daftar istilah
Contoh Laporan Ilmiah :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penggunaan teknologi internet di
dunia semakin meningkat. Setiap orang pasti telah menikmati layanan internet.
Dahulu internet hanya digunakan oleh para pekerja di bidang teknologi komputasi
berbasis internet dan yang mengerti teknologi itu saja. Seiring dengan
perkembangan zaman, teknologi ini juga mengalami perkembangan ke arah
pencapaian kemudahan dan kenyamanan luar biasa dalam melakukan kegiatan
sehari-hari yang dianggap tidak mungkin dapat dikerjakan dalam waktu singkat.
Negara-negara besar di dunia seperti
Amerika Serikat, Jepang, dan Cina pun terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi
baru dalam perkembangan teknologi dunia. Teknologi yang terpesat
perkembangannya saat ini adalah teknologi informasi dan telekomunikasi, yang
menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.
Internet adalah salah satu bukti
nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi.
Internet membawa pengaruh yang sangat besar dalam pola kehidupan masyarakat
dunia, khususnya negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas
karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Waktu dan jarak bukan lagi masalah
untuk memperoleh informasi maupun memberi informasi. Walau masih tertinggal
jauh dari Negara-negara Asia yang lebih maju, perkembangan internet di
Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Secara keseluruhan
memang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal oleh
masyarakat Indonesia.
Internet kini menjadi pusat informasi
di seluruh dunia. Pada kenyataannya ada sebagian orang yang belum memanfaatkan
fungsi dari adanya internet. Sebagian orang mengalami kesulitan dalam mencari
informasi karena kendala bahasa. Padahal berbagai kepentingan pekerjaan maupun
pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk
dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih
ini. Internet sebagai media pembelajaran mulai diterapkan pada dunia
pendidikan. Peserta didik diajarkan mengenai pengoperasian internet, tujuannya
adalah agar peserta didik mengenal dunianya, dunia yang tidak berhenti
mengalami perkembangan teknologi.
Namun, sebesar apapun manfaat
internet bagi kehidupan manusia, sebesar itu pula internet membawa pengaruh
buruk. Pengaruh buruk ini tentunya harus dihindari, terutama bagi para peserta
didik sebagai generasi penerus bangsa.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah di atas, maka masalah dalam penulisan ini dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana peranan internet dalam
bidang pendidikan ?
2. Apa saja dampak-dampak penggunaan
internet bagi pendidikan ?
3. Bagaimana cara menyikapi berbagai
dampak penggunaan internet ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai
dalam penulisan ini adalah :
1. Untuk mengetahui peranan internet
dalam bidang pendidikan.
2. Untuk mengetahui berbagai dampak
penggunaan internet bagi pendidikan.
3. Untuk mengetahui cara menyikapi
dampak atau pengaruh penggunaan internet.
1.4 Manfaat penulisan ini :
1. Bagi peserta didik, penulisan ini
bermanfaat sebagai referensi mengenai perkembangan internet serta peranannya
dalam kehidupan sosial, pengaruh positif maupun negatif dari penggunaan
internet, terutama dalam bidang pendidikan, dan sebagai acuan untuk menyikapi berbagai
dampak dari internet agar dapat terhindar dari penyalahgunaan internet.
2. Bagi pendidik, penulisan ini
berguna untuk memberi informasi seputar internet, pengaruh-pengaruh internet
terhadap daya kreativitas dan perkembangan peserta didik, serta memudahkan
pendidik dalam turut serta membantu menjauhkan peserta didik dari
penyalahgunaan internet.
3. Bagi orang tua, penulisan ini
berfungsi untuk memberi informasi mengenai berbagai manfaat serta keburukan
internet, berbagai situs internet, dan membantu orangtua melakukan pengawasan
terhadap anak agar terhindar dari keburukan internet.
4. Bagi pemerintah, penulisan ini
dimaksudkan sebagai penginformasian mengenai dampak-dampak internet yang tidak
sepenuhnya baik, khususnya terhadap pendidikan, serta sebagai permohonan
penegasan dan tindak lanjut pemerintah atas dampak-dampak buruk internet yang
sampai saat ini masih membahayakan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga
diharapkan menyamaratakan perkembangan Internet di seluruh daerah di Indonesia.
5. Bagi pihak warnet, penulisan ini
berguna sebagai informasi tentang berbagai dampak dan pengaruh internet agar
pihak warnet menjadi lebih berhati-hati dalam menjalankan usahanya.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1 Pembahasan Teori
A. Dampak Internet
Internet adalah jaringan komputer
yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini
meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan
memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan
jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer
dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.
Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus
memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data
yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Dampak Positif :
1. Internet sebagai media
komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari
seluruh dunia.
2. Media untuk mencari informasi
atau data, perkembangan internet yang pesat
3. Kemudahan memperoleh informasi
yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Dampak Negative :
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang
manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik
adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda
dapatkan pada penyedia informasi tersebut
3. Kecenderungan munculnya kecanduan
pelajar SLTP akan internet, yang mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game
online, chatting dan fasilitas internet lainnya memicu anak menjadi malas
belajar(minat belajar berkurang) atau pun enggan melakukan aktivitas sosial
lainnya.
B. Boros
Definisi Boros adalah perbuatan yang
menghambur-hamburkan Uang dan Berlebihan melakukan dengan hasil yang minimum.
Dalam kajian ini Boros diartikan sifat yang buruk yang mana Boros itu dapat
mempengaruhi uang saku para pengguna Internet
C Prestasi Akademik
Prestasi Akademik adalah presatasi
yang di gapai dalam bidang Pelajaran di sekolah atau Universitas.
Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan
bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever. Hal
ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus
berlangsung(I Wayan Dharmayana.2007).
.
2.2 Pengajuan Hipotesis
Disini peneliti mengemukakan hipotesis bahwa Internet memiliki dampak :
1. Pengaruh dan Dampak Positif
Internet bagi Pendidikan
2. Pengaruh dan Dampak Negatif
Internet bagi Pendidikan
3. Internet dapat menurunkan
Prestasi Akademik
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1 Waktu dan Tempat
Penelitian
Waktu
: Hari Sabtu, tanggal 8
Mei 2013 - 19 Mei 2013
Tempat
:
a. SDN Bojong Gede 7, Kab.Bogor
b. SMP N 11 Bogor, Kota Bogor
c. SMA N 2 Bogor, Kota Bogor
3.2 Metode dan Rancangan Penelitian
A. Metode penelitian
Metode yang peneliti lakukan adalah
Metode pustakawan dan Teknik Observasi ( melakukan survei kepada para
narasumber) . disini peneliti membagi narasumber berdasarkan tingkatan sekolah
:
A. SD
B. SMP
C. SMA
B. Rancangan Penelitian :
1. Berapa kali dalam seminggu anda
internetan ?
2. Berapa besar presentasi anda
untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
1. Situs pengetahuan apa yang anda
tahu ?
4. Apakah prestasi akademik
meningkat dengan adanya perkembangan internet?
5. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi pergaulan pelajar?
6. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi uang saku.
7. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi moral para pelajar.
8. Apakah anda pernah mengunjungi
situs porno ?
3.3 Pengumpulan Data dan Analisis
Data
A. Pengumpulan Data :
Untuk Menjawab Hipotesis, Peneliti
telah melakukan berbagai survey yang mana surey itu berisikan Rancangan
Penelitian,Tempat di lakukan Penelitian adalah di SDN Bojong Gede 7, SMPN
11 Bogor, SMA N 2 Bogor , sedangkan Waktu Penelitian di lakukan Pada Tanggal 9
Mei 2013 sampai dengan 16 Mei 2013.
B.
Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data yang digunakan
dalam Peneliti ini Adalah Teknik Survey atau Tanya Jawab kepada
Narasumber
BAB IV
PEMBAHASAN
MASALAH
4.1 Hasil –Hasil Pembahasan
Hasil Penelitian tentang pengaruh
Manfaat Internet bagi Pelajar Indonesia Adalah :
- Jenis Kelamin
:
Laki-Laki = 50%
Perempuan = 50%
- Tingkatan Subjek
:
SD
SMP
SMA
1. Berapa kali dalam seminggu anda
internetan ?
SD : 2x Seminggu ( 50% ),3x Seminggu
(50%)
SMP : 3x Seminggu ( 50%), 4x
Seminggu ( 30%), 5x Seminggu (20%)
SMA : 5x Seminggu (45%),6x Seminggu
(30%),7x Seminggu (25%)
2. Berapa besar presentasi anda
untuk mengunjungi situs pengetahuan, ketika internetan
SD : 0%
SMP : 10%
SMA : 30 %
1. Situs pengetahuan apa yang anda
tahu ?
SD : Tidak Tahu
SMP : Wikipedia ( 80%), Lain-Lain
(20%)
SMA : Wikipedia
(55%),BSE(35%),Lain-Lain ( 10%)
1. Apakah prestasi akademik
meningkat dengan adanya perkembangan internet?
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya ( 80%),Tidak ( 20%)
SMA : Iya (97%),Tidak (3%)
5. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi pergaulan pelajar?
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya (95%),Tidak (5%)
SMA: Iya (100%)
6. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi uang saku.
SD : Iya ( 75%), Tidak (25%)
SMP : Iya (98%),Tidak (2%)
SMA: Iya (100%)
7. Apakah perkembangan internet
mempengaruhi moral para pelajar.
SD : Tidak Tahu
SMP : Iya (90%),Tidak (10%)
SMA: Iya (96%),Tidak (4%)
8. Apakah anda pernah mengunjungi
situs porno ?
SD : Iya (5%),Tidak (95%)
SMP : Iya (50%),Tidak (50%)
SMA : Iya (50%),Tidak (50%)
4.2 Jawaban Terhadap Hipotesis
Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa pengajuan Hipotesis tidak sepenuhnya Benar karna menurut data
penelitian bahwa :
1. A. Internet
tidak selamanya memiliki dampak Buruk/negative.
1. Untuk SD Setelah dilakukan
penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk bermain game-tidak untuk
pengetahuan. Dan ini peneliti menyimpulkan bahwa internet untuk Golongan ini
memiliki dampak Negativ/buruk.
2. Untuk SMP Setelah dilakukan
penelitian bahwa internet menurut mereka adalah untuk mencari pengetahuan dan
hiburan ( game online)
3. Untuk SMA Setelah dilakukan
penelitian bahwa internet menurut merkea adlah salah satu sumber Ilmu dan
pengetahuan
1. B. Internet membuat
uang saku Menjadi Boros
Untuk semua tingkatan :
setelah dilakukan Penelitian hampir 75% untuk SD,98% untuk SMP,dan 100% untuk
SMA. mengatakan bahwa Internet dapat membuat uang saku Menjadi Boros,
1. C. Internet Tidak
sepenuhnya menurunkan Prestasi Akademik
1. Untuk SD : setelah dilakukan
penelitian bahwa 100% . anak pada umur ini tidak mengetahui bahwa internet
adalah salah satu sumber ilmu yang dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.
2. Untuk SMP : setelah dilakukan
penelitian bahwa 80% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan
prestasi Akademik, dan 20% menyatakan bahwa internet tidak dapat menigkatkan
prestasi Akademik.
3. Untuk SMA : setelah di lakukan
penelitian bahwa 100% menyatakan bahwa internet dapat meningkatkan Prestasi
Akademik
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian terhadap
pengaruh pemanfaatan internet terhadap anak – anak dan remaja Indonesia adalah
Internet dapat memiliki dampak positive/negative tergantung para pengguna
internet, akan tetapi untuk SD dapat di simpulkan bahwa internet memiliki
dampak negative karna kecenderungan mereka menggap bahwa internet hanya sebagai
media hiburan dan Game online. Sedangkan untuk SMP dan SMA dapat
disimpulkan bahwa mereka menggap internet sebagai salah satu sumber Ilmu
/Pengetahuan.
5.2 Saran
Peneliti menyarankan bahwa Internet
memiliki dampak Positif dan negative. Untuk meminimalisir Anak-Anak dan para
remaja untuk mengunjungi situs-situs yang negative. Perlu diadakanya pengawasan
yang diadakan oleh para Orang tua.Adanya pengaruh pengawasan dari orang tua
siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa
penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa
terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.
Sumber :
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-laporan-ilmiah-dan.html
http://bayusetiawan88.blogspot.com/2013/06/contoh-laporan-penulisan-ilmiah-dampak.html
http://uwiwilliam.blogspot.com/2014/06/tulisan-6-laporan-ilmiah.html
http://panduanguru.com/tag/pengertian-laporan-ilmiah/
http://panduanguru.com/contoh-laporan-ilmiah-macam-ciri-dan-persyaratan-penulis-laporan-ilmiah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar