Pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli
a. Schiffman dan Kanuk
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh sesorang
dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan bertindak pasca konsumsi
produk dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya.
b. Engel, Blackwell dan Miniard
Perilaku konsumen ialah tindakan-tindakan produk jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut yang
terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi dan membuang suatu
produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti
tindakan tersebut.
c. Mowen
Perilaku konsumen merupakan aktivitas seseorang saat
mendapatkan, mengkonsumsi dan membuang barang atau jasa.
d. The American Marketing
Association
Perilaku konsumen membagai interaksi dinamis dari pengaruh
dan kesadaran, perilaku dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran
aspek hidupnya.
Perilaku
konsumen terdiri dari beberapa tahap
1. Tahap Perolehan (acquition ) :
mencari dan membeli
2. Tahap Konsumsi (consumption) :
menggunakan dan mengevaluasi
3. Tahap Pasca Beli (dispotition ) :
tindakan setelah produk digunakan
Setelah mengetahui pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli, dibawah ini merupakan pengertian Konsumen itu sendiri.
Setelah mengetahui pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli, dibawah ini merupakan pengertian Konsumen itu sendiri.
Pengertian
Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Ada dua wujud konsumen, yaitu :
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
Kita sudah mengetahui pengertian dari Perilaku Konsumen dan juga pengertian dari Konsumen itu sendiri. Perilaku Konsumen juga dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu :
(1). Konsumen Individu
a. Kebutuhan konsumen,
b. Persepsi atas karakteristik merek,
c. Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh
demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
(2). Pengaruh Lingkungan
Lingkungan pembelian konsumen
ditunjukkan oleh
a. Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan),
b. Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen),
c. Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi)
d. Faktor menentukan yang situasional (situasi dimana produk dibeli seperti
keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
(3). Marketing strategy
Merupakan variabel dimana pemasar
mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen.
Variabel-variabelnya adalah :
a. Barang,
b. Harga,
c. Periklanan
d. Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Pemasar
harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama
pemasaran dalam pengembangan pemasaran.
Selain faktor yang mempengaruhi ada pula metode yang digunakan unutk melakukan penelitian konsumen, yaitu penelitian yang bersifat eksplorasi
dan penelitian tentang kesimpulan konsumen. Selain itu terdapat pula dua pendekatana penelitian konsumen, yaitu :
1. Pendekatan penelitian cross-sectional : Pendekatan ini
di maksud untuk meneliti aspek-aspek perilaku konsumen yang menggunakan
waktu secara relative singkat misalnya meneliti perubahan perilaku
konsumen pada watu tertentu mempelajari nilai dan sikap kosumen terhadap suatu
produk dalm momen waktu tertentu.
2. Pendektan penelitian longitudinal : Pendekatan
ini dimaksud untuk meneliti aspek perilaku konsumen yang terjadi dalam beberapa
periode waktu tertentu, Misalnya : mengadakan penelitian mengenai pendekatan
masyarakat tentang suatu produk dapat bertahan selama beberapa waktu.
*Pendekatan penelitian longitudinal dilakukan pada periode waktu yang relative
lama, sedangkan pendekatan penelitian cross-sctional menggnakan waktu yang
relative singkat atau sesaat.
Okee... segitu aja ya dulu penjelasan tentang Perilaku Konsumen nyaa... Terimakasih Kepada yang telaah membaca... Sankyuuu >.<
oohh yaa.. untuk para narasumber sankyuu jugaa yaa... :*
ini diaa daftar source nyaa :ekakeropooh.blogspot.com
mayaastuti2009.blogspot.com
ada satu source lagi pdf gitu ekstensionnyaa tapii ane lupaa~ lol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar